Menjaga Kesehatan Selama Berpuasa Untuk Hindari Merokok

Avatar photo

JAKARTA – Dr. Rosdiana Nurul Annisa, Sp.KG dari Universitas Indonesia mengatakan di bulan puasa Ramadhan perlu memperhatikan dan menjaga kesehatan. Baiknya hindari merokok, Sehingga selama menjalani puasa mulut tidak terasa kering akibat rokok.

”Nurul menjelaskan, Menjaga kesehatan mulut selama berpuasa di bulan Ramadhan bukan cuma soal menyikat gigi setelah makan, tetapi juga dengan tidak merokok.”Ungkapnya.

“Hindari rokok, karena rokok itu panas sehingga menyebabkan mulut kering,” ujarnya Nurul dalam keterangan di Jakarta,Kamis (21/4/22).

Ia mengatakan, Ketika berpuasa selama belasan jam, produksi air liur yang berfungsi jadi pembersih rongga mulut berkurang karena tidak ada aktivitas makan dan minum selama beberapa waktu.

Mulut yang kering meningkatkan peluang bagi bakteri dan virus dalam menyerang gigi dan gusi, berujung kepada penyakit dan bau mulut yang tidak sedap.

“Bau mulut bisa disebabkan oleh fisiologis dan patologis,”ungkapnya.

Nurul memberikan contoh yakni bau mulut fisiologis disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu yang menimbulkan aroma, misalnya pete, jengkol atau makanan yang mengandung banyak bawang.

Jika ingin bebas bau mulut, dia menyarankan untuk menghindari atau mengurangi asupan makanan tersebut.

Baca juga:  Dengan Tunggangi Kuda Kepala Desa Jatimulya Pimpin Pawai Obor Bersama Warga Sambut Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah Dengan Pawai Obor