Wapres resmikan BLK komunitas, PJ gubernur Al muktabar, pesantren berperan penting entaskan pengangguran

Avatar photo

TANGERANG KABUPATEN – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mendampingi Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin melakukan peresmian dan festival kemandirian Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas di Pondok Pesantren (Ponpes) Daarul Archam, Desa Tanjakan, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang, Kamis (7/3/2024).

Kegiatan yang mengambil tema Peningkatan Kualitas dan Kuantitas SDM Ketenagakerjaan Melalui Pelatihan Vokasi Berbasis Komunitas itu merupakan gagasan dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI dengan sasaran lembaga non pemerintah seperti pondok pesantren, lembaga keagamaan, serta komunitas serikat buruh.

Al Muktabar mengungkapkan, program yang digagas oleh Kemenaker itu sangat cocok dengan kultur masyarakat Banten yang dikenal religius dan banyak berdiri pondok pesantren. Sehingga diharapkan dengan penerapan program itu, kolaborasi antar pemerintah dengan pesantren bisa lebih ditingkatkan lagi dalam upaya pengentasan angka pengangguran di Provinsi Banten.

“Pesantren sebagai lembaga pendidikan dengan basisnya yang kuat dan cukup banyak di Provinsi Banten, sangat efektif diterapkan program ini. Ia berperan penting dalam pengentasan pengangguran, khususnya terkait peningkatan kualitas SDM yang keterkaitan langsung dengan lapangan kerja,” kata Al Muktabar.

Baca juga:  Di Hari Lahir Pancasila, Jusuf Rizal Luncurkan Paguyuban Loyalis Soeharto