Trauma Masa Lalu Orang Tua Pengaruhi Pola Pengasuhan Anak

Avatar photo

Jakarta — Pola pengasuhan pada anak dipengaruhi oleh berbagai faktor kehidupan, salah satunya adalah hubungan orang tua di masa lampau bahkan ketika mereka masa kecil.
Psikolog dan konselor pernikahan Adriana Soekandar Ginanjar mengatakan belum semua orangtua menerapkan pola asuh yang cukup baik untuk tumbuh kembang si kecil di rumah.

Di antaranya seperti pola asuh dengan kekerasan, baik itu secara verbal maupun non verbal serta banyak terjadi konflik antar orangtua di depan anak.

“Seringkali hal ini tidak disadari dapat menimbulkan kecemasan dan trauma yang terdalam bagi sang anak,” ujar Adriana, seperti dikutip siaran resmi Tentang Anak, Rabu (26/1). Adriana menjelaskan terdapat beberapa jenis trauma yang dialami oleh manusia, khususnya ketika berumah tangga.

Trauma-trauma ini harus dikenali lebih awal agar kedepannya orang tua dapat memproses trauma menjadi bentuk emosi yang baik.

“Ketika dapat memproses emosi, tentunya akan membawa dampak yang lebih baik ke sekitar atau keluarga terdekat,” kata Adriana.

Setidaknya terdapat tiga jenis trauma dalam berumah tangga yakni trauma akut, trauma kronis dan trauma kompleks.

Baca juga:  Keluarga Hasan di Desa Daon Dambakan Rumah Layak Huni Akhirnya Terkabul