Standar Akuntansi: Resume Teori Akuntansi

Avatar photo

Standar Akuntansi

Resume Teori Akuntansi

Nama: Siti Asiyah Nurhayati
Mata Kuliah: Teori Akuntansi
Materi: Standar Akuntansi
Dosen Pengampu: Meta Nursita

Standar akuntansi (SAK) adalah prpsedur dan pedoman yang diikuti untuk mengembangkan dan menerapkan akuntansi, klasifikasi, dan manajemen transaksi keuangan dalam bisnis apapun. Tujuan dari standar akuntansi adalah untuk memastikan bahwa transaksi keuangan akurat, komprehensif, dan dilakukan secara sistematis.

Hal ini memungkinkan bisnis untuk membuat catatan keuangan yang akurat, yang dapat digunakan sebagai landasan pengembangan bisnis.

Di Indonesia, dikembangkan 4 standar akuntansi berbeda yang didasarkan pada perkembangan bisnis dalam negri. Keempat standar akuntansi ini digunakan tergantung pada badan usaha dan organisasi yang dikelola, apakah itu Perusahaan swasta atau intansi pemerintah.

Banyak organisasi internasional telah mengembangkan standar akuntansi, seperti Prinsip Akuntansi yang Diterima Secara Umum (GAAP) dan Standar Pelaporan Keuangan Internasional (IFRS). Rangkaian standar ini mencakup bidang-bidang seperti pencatatan transaksi, klasifikasi transaksi mata uang, penagihan utang, dan kontraksi angkatan kerja ekonomi.

Siklus akuntansi adalah suatu proses yang terdiri dari beberapa Langkah, antara lain identifikasi transaksi, pencatatan transaksi dalam jurnal, koreksi, dan koreksi catatan tenaga kerja ekonomi.

Ketika adanya perkembangan industri syariah yang sangat pesat di Indonesia memerlukan adanya standar akuntansi yang sesuai syariah. Selain perlunya Perusahaan dan industri syariah untuk mengadopsi standar akuntansi, instansi pemerintah juga harus mengikuti standar akuntansi dalam menyusun laporan keuangannya.

Baca juga:  Budayakan Membaca, Ini Kata Pustakawan Pertama Pada Dinas Perpusda