Banjir Menggenangi Sawah Warga, DBMSDA Akan Cek Lokasi DAS Muhara

Avatar photo

KABUPATEN TANGERANG – Dinas Binamarga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang Banten melalui Bidang SDA akan segera meninjau lokasi terjadinya longsor pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Muhara di Kampung Bantar Panjang Desa Cileles Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang.

Diberitakan sebelumnya, bahwa penyempitan dan pendangkalan DAS Muhara tersebut diakibatkan adanya cut and fill pada proyek pembangunan kawasan industri PT IGL

Sehingga ketika curah hujan deras tiba dapat mengakibatkan air meluap hingga banjir menggenangi sawah warga, yang akhirnya berdampak pada gagal panen.

Kabid SDA TB Dedi mengatakan, dengan adanya informasi keluhan warga terdampak itu, pihaknya akan meninjau lokasi pembangunan kawasan industri tersebut.

“Nanti dari UPT SDA akan cek ke lokasi,” ungkap Kabid SDA TB Dedi saat dihubungi melalui telepon seluler, Rabu (8/6/2022).

Namun demikian lanjut TB Dedi, pihaknya belum mengetahui ihwal DAS Muhara itu masuk dalam kewenangan pemerintah Kabupaten atau Pemerintah Provinsi.

“Kami butuh titik koordinat, biar kita tau DAS Muhara itu masuk pengawasan dan pemeliharaan Pemerintah Kabupaten atau Pemerintah Provinsi,” ujarnya.

Baca juga:  Pemdes Pangarengan Kecamatan Rajeg sukses alokasikan anggaran Dana Desa Tahun 2022 Untuk Membedah 5 Unit RTLH dan MCK